Manfaat Buah Labu Kuning atau Waluh Buat Kesehatan

labu-kuning-waluh
Labu kuning (Cucurbita moschata) yang masih mencakup dalam kelompok tumbuhan merambat anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae) seperti labu air, labu ular, labu siam, dan beligo.
Labu Kuning atau waluh buah yang lajim dijumpai saat bulan puasa, dan dijadikan sebagai bahan di minuman es ini mempunyai beberapa kandungan vitamin, maupun zat yang dapat mencegah beberapa penyakit.

Manfaat Buah Labu Kuning atau Waluh Buat Kesehatan :
  • Labu kuning memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik karena buah ini termasuk dalam Jenis Makanan Berserat Tinggi. Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya.
  • Mengkonsumsi buah labu secara teratur maka fungsi pankreas akan baik dan insulin bekerja dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan zat gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.
  • Labu sangat baik untuk kesehatan ginjal dan mampu mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan.
  • Labu Kaya akan vitamin A, C dan E dan mineral, yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.
  • Labu kuning mengandung beta karoten yang dapat mencegah penyakit paru-paru serta kanker usus besar. Beta karoten juga baik untuk kesehatan jantung.
  • Secara alami labu kuning mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan otak.
  • Biji buah labu mengandung alkaloid berguna sebagai anti kanker, yang sangat baik untuk mencegah  serangan sel kanker, Zinc/ seng berkhasiat bagi pria yang mengalami pembesaran prostat. Selain itu, seng juga sangat berguna untuk meningkatkan testosteron dan hasrat seksual.
  • Biji dan kulit labu mangandung magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Tak hanya itu, air dan biji labu kuning juga bisa berkhasiat untuk penawar racun binatang berbisa dan menjadi obat cacing pita. Labu kuning atau waluh juga dapat digunakan untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, dan diare.
Semoga kita semua dalam kondisi sehat semua, karena kesehatan itu sangatlah mahal harganya. Semoga manfaat.
 
Dari berbagai sumber